Olahraga, Salah Satu Cara Menurunkan Berat Badan

March 15, 2019


Anda memiliki berat badan berlebih? Berat badan anda susah sekali turun? Yap, selain mengurangi jumlah kalori makanan yang anda konsumsi ada satu hal lagi yang sangat penting di lakukan dalam menurunkan berat badan yaitu olahraga. Salah satu jenis olahraga yang bagus untuk menurunkan berat badan adalah olahraga bersepeda. Seperti telah dipaparkan di berfaedah.com yang berjudul 12 manfaat bersepeda yang perlu anda tahu. Salah satu manfaat bersepeda telah dijelaskan disana yaitu untuk menurunkan berat badan.

Aktivitas fisik atau olahraga sapat meningkatkan kapasitas organ-organ dalam tubuh. Terpeliharanya organ-organ vital dalam tubuh akan memperlancar semua sistem dalam tubuh terkhusus jika sistem pencernaan lancar akan melancarkan metabolisme sehingga penimbunan lemak dan asam laktat akan berkurang. Dengan sedikitnya penimbunan lemak dan asam laktat tersebut dapat menurunkan berat badan.

Ada tiga manfaat yang didapatkan dari aktivitas fisik yang kita lakukan. Yang pertama yaitu meningkatkan oksidasi lemak. Dengan adanya peningkatan oksidasi lemak akan mengurangi timbunan lemak di bawah kulit. Yang kedua adalah peningkatan mioglobin atau otot. Peningkatan otot ini dapat berfungsi untuk meningkatkan oksidasi lemak yang akan mengeluarkan lemak bebas dari jaringan lemak menjadi cadangan energi berupa glikogen selain itu dengan adanya peningkatan oksidasi asam lemak akan mengurangi penimbunan asam laktat yang akan menyebabkan obesitas. Yang ketiga yaitu meningkatkan oksidasi karbohidrat. Jika karbohidrat banyak yang dioksidasi maka akan mengurangi timbunan karbohidrat yang mana karbohidrat berlebih akan disimpan dalam bentuk lemak.


Walaupun olahraga baik untuk menurunkan berat badan tapi tetap tidak boleh sembarangan. Olahraga kan fungsinya untuk meningkatkan fungsi dari organ-organ dalam tubuh tetapi karena kita salah dalam melakukan olahraga jangan sampai malah akan merusak fungsi organ-organ di tubuh anda. Menurut beberapa penelitian olahraga yang paling baik untuk menurunkan berat badan adalah aerobik. Selain bagus untuk menurunkan berat badan aerobik juga termasuk olahraga yang aman untuk segala usia. Mulai dari remaja, dewasa maupun orang yang sudah lanjut usia. Yang termasuk olahraga aerobik adalah berjalan, jogging, berenang, menari, dan juga permainan bola.

individu yang sehat dan bugar dapat mengukuti petunjuk FITT. Yaitu F=frekuensi, aerobik dapat dilakukan sebanyak 3-5x dalam satu minggu (jika 3x dalam seminggu maka oerobik dilakukan setiap 2 hari sekali). I=intensitas, kekuatan yang dilakukan yaitu 60-80% dari denyut jantung maximum, dengan ukuran ini olahraga akan efektif untuk menghilangkan lemak. Jika diatas itu olehraga akan berbeda fungsi lagi yaitu akan membentuk otot tubuh. T=tipe, untuk jenis olahraga dapat dikombinasikan antara aerobik dan sesuai selera. Dan yang terakhir T= time, waktu yang dibutuhkan yaitu 15-60 menit setiap olahraga, yang dapat dinaikkan waktunya jika sudah terbiasa untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Satu lagi hal yang penting, dalam menurunkan berat badan, membatasi kalori makanan yang kita konsumsi hanya akan mengurangi berat badan tapi tidak mengurangi lemak badan dan juga tidak akan membentuk badan. Jadi jika kita ingin menurunkan berat badan hanya dengan makanan maka berat badan kita akan turun tetapi ukuran badan kita tidak jauh berbeda. Untuk membentuk badan dan menghilangkan lemak-lemak di badan hanya dapat dicapai dengan melakukan olahraga. Ibaratnya kalau orang ingin berat badan turun tapi tidak mau olahraga sama dengan orang yang lagi ujian pengen dapat nilai bagus tapi gamau belajar dan nyontek. Cmiiw

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »