5 Tips Dalam Membedakan Spare part Asli dan Palsu

January 11, 2019
Mendapatkan spare part berkualitas berkualitas merupakan dambaan semua pemilik motor. Terutama bagi Anda yang hobi mengendarai kuda besi ini sebagai hobi maupun untuk kegiatan sehari-hari. Di Indonesia sendiri motor merupakan kendaraan yang paling umum kita jumpai,  karena harga yang tidak terlalu mahal, perawatan dan spare part yang murah, membuatnya terjangkau bagi masyarakat.


Namun tentu saja, tidak semua jenis suku cadang motor tersebut murah. Agar motor kesayangan bisa bekerja lagi secara optimal, diperlukanlah penggantian suku cadang secara berkala. Penggantian suku cadang tersebut bisa dilakukan di bengkel bengkel kesayangan pemilik motor. Sayangnya masih banyak sekali suku cadang palsu atau KW yang beredar. Dan jika di lakukan instalasi ke motor Anda, motor tidak akan bekerja maksimal dan mudah rusak. 



Untuk mendapatkan kinerja maksimal sebuah motor, Anda harus menggunakan suku cadang asli. Namun, bagaimana cara membedakan mana yang asli dan mana yang palsu?

Mengetahui Spare Part Kendaraan yang Asli


Mengingat banyak sekali yang KW, Anda harus jeli dalam membedakan yang palsu dan asli. Dengan kiat-kiat sederhana ini, dipastikan motor Anda mendapatkan suku cadang yang bekualitas.

Keadaan Kemasan Produk  

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melihat kemasanya. Memang jaman sekarang, para produsen barang sudah bisa membuat kemasan dan produk yang tingkat kemiripanya sangat tinggi. Hal tersebut membuat kemasan produk sulit diidentifikasi. Namun, jangan sampai lengah, dan pastikan kemasan produk tersebut rapi dan tidak terbuka. 

Saat pertama menggunakan, pastikan semua kemasan rapi, tidak sobek atau terbuka. Namun untuk lebih amannya, belilah suku cadang tersebut di bengkel resmi atau dealer merek motor tersebut. Atau membeli di toko yang sudah bekerja sama dengan Agen Pemegang Merek.
 
Keterangan Dan Barcode  

Barcode yang ada pada kemasan spare part harus juga dalam keadaan baik tanpa sobek. Biasanya barcode suku cadang asli jika di-scan kodenya akan menunjunjukan kesesuaian dengan produk yang didapat. Keterangan juga sangat berpengaruh dan harus diteliti. Contohnya suku cadang Yamaha yang keterangan produknya mencantumkan jenis motor-motor yang menjual suku cadang tersebut, dan keterangannya dalam bahasa inggris.
 
Keadaan Produk 

Terkadang kita memang ragu menentukan apakah ini produk ini palsu atau asli. Untuk itu perlu sekali melihat barangnya secara langsung dan mengeceknya sendiri. Oleh karena itu, setelah suku cadang diterima, sebaiknya mintalah montir atau penjual membuka karton suku cadang tersebut dan teliti sendiri apakah barang ini asli atau KW.  

Sebagai contoh jika membeli V belt dari Yamaha, barang tersebut ada benangnya seperti jahitan, tapi yang asli tidak ada. Ini akan membuat V belt tersebut dalam 3 bulan saja pasti sudah terkelupas dan membahayakan keselamatan penggunanya.
 
Hologram  

Ciri ciri paling yang membedakan produk asli dan palsu adalah, adanya label hologram di kemasan produk tersebut. Oleh karena itu, cobalah mengecek label hologram yang tertempel pada kemasan. Apakah dalam keadaan baik dan kuat atau tidak, kusam atau jelas.
 
Harga  

Dari segi harga pastinya tidak akan pernah bohong, produk yang asli harganya akan sedikit mahal karena kualitas bahan. Sedangkan yang palsu harganya lebih miring.
 
Itulah beberpa tips cara membedakan spare part asli dan palsu. Memang sedikit sulit dan jika adapun harganya sedikit lebih mahal. Namun demi keselamatan berkendara, dirasa itu tidak masalah.


Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »